Minggu, 27 November 2011

9. TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER

Posting Nurhayati Mukai Waktu 1:45 PM


Komputer yg saling berhubungan dalam suatu jaringan bisa hanya 2 buah , tetapi juga bisa puluhan , ratusan bahkan jutaan .
Ada beberapa cara untuk saling menghubungakan computer – computer tersebut .
cara menghubungkan beberapa komputer untuk membentuk suatu jaringan komputer di sebut topologi jaringan .
Macam-macam topologi jaringan komputer antara lain :

A.  TOPOLOGI POHON(TREE TOPOLOGY)
 Topologi pohon atau di sebut juga topologi hiraki dan juga bisa di sebut topologi bertingkat adalah topologi yg bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor bertingkat.
 Pada gambar di samping bisa kita lihat hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan hirarki yang jelas. Sentral pusat yg berada pada bagian paling atas merupakan sentral yg aktif sedangkan sentral yg ada di bawahnya adalah sentral yg pasif.
A.  TOPOLOGI CINCIN (RING TOPOLOGI ATAU TOKEN RING)
 Topologi cincin atau yg sering di sebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yg terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yg terhubung ke dalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yg sama dengan bentuk cincin.
 Setiap simpul mempunyai tingkatan yg sama, jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan ke setiap simpul dan setiap informasi yg di terima simpul di periksa alamatnya apakah data itu untuknya/bukan. Keuntungan topologi ring antara lain :
-Hemat kabel
-Sambung point to point dapat mengurangi terjadinya transmission error
-Kegagalan koneksi akibat gangguan dari media dapat diatasi lewat jalur lain yg masih terhubung.
Kerugian dari topologi token ring adalah :
-Pengembangan jari nya kaku (kurang fleksibel)
-Sulit mendeteksi jika terjadi kesalahan/kerusakan
-Transfer data lambat jika melalui banyak komputer
 A.  Topologi bintang (star)
 Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yg menyalurkan data tersebut kesemua simpul/client yg di pilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder/ client server.
Setelah hubungan jaringan dimulai tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yg dipakai disini adalah hub, switch, dan lain-lain.
Keuntungan :
-Paling fleksibel
-Pemasangan/ perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain.
-Kontrol terpusat
-kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan
Kerugian :
-Boros kabel
-Perlu penanganan khusus
-Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis
Komputer yg berada di pusat konfigurasi bisa berperan sebagai pengontrol komunikasi, serta berfungsi memeberi layanan bagi komputer lainnya. Layanan yg diberikan untuk komputer lain dapat berupa: layanan software(mengcopy file) dan layanan hardware(penggunaan printer untuk mencetak


A.  Topologi BUS
     Topologi ini adalah topologi yg awal digunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung kesatu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kabel harus di akhiri dengan satu terminator.
Keuntungan :
-Hemat kabel
-Layout kabel sederhana sehingga mudah diinstalasi.
-Mudah dikembangkan
Kerugian :
-Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
-Kepadatan lalu lintas data tinggi
-Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak berfungsi
-Diperlukan repeater bila jarak antara client terlalu jauh.
     Topologi ini awalnya menggunakan kabel Coaxial sebagai media pengantar data informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabel serat optik (fiber optic) akan tetapi di gabungkan dengan topologi jaringan yg lain untuk memaksimalkan perfomannya.

Sumber: LKS TIK KELAS IX SEMESTER 1
                       PENERBIT: NEW STAR SITI ROHANI




Go Follow!!